Senin, 13 Oktober 2008

UbUr-UbuR JeLLy........???????

UBUR-UBUR
GEL CERDAS TANPA OTAK
Bayangkan jika otak dikepala kita rusak. Seluruh tubuh dan panca indera kita mungkin bisa lumpuh tak berfungsi normal. Tapi lain dengan ubur-ubur. Hewan yang nampak seperti gel ini memiliki kecerdasan yang luar biasa meski tidak memiliki otak.
Ubur-ubur (jelly fish) bertubuh lunak karena 95%-nya adalah air. Tubuhnya nampak seperti payung dengan rumbai-rumbai dibawahnya. Pada ‘payung’ ini terdapat mulut dan alat reproduksi, sedangkan rumbai-rumbai terdiri atas tentakel dan tangan-tangan untuk menangkap makanan. Mereka memiliki jaringan saraf, tapi tidak punya kepala, mata dan otak !!! Tapi mereka cerdas

.
Bukti kecerdasan makhluk ini terlihat pada mekanisme pertahanan dirinya. Banyak spesies ubur-ubur yang memiliki racun dalam tentakelnya. Efek racunnya bisa mematikan.
Ada jenis ubur-ubur raksasa bernama ‘serdadu perang portugis’ (Portuguese man of war) yang memiliki racun berbahaya. Ukuran payungnya mencapai 15cm dengan panjang tentakel 30m. kekuatan racunnya sama dengan 75% racun ular kobra.
Ada juga jenis ubur-ubur yang mengeluarkan cahaya dari tubuhnya (biolumiscence). Saat ada musuh mendekat, ia berenang menjauh dengan seluruh tubuhnya memancarkan cahaya. Tapi ketika musuh mencoba menyerang, ia memadamkan cahaya tubuhnya, sembari melepaskan satu tentakel yang masih bercahaya untuk mengacaukan pandangan musuhnya.
Jadi, hewan unik ini meski tubuhnya menyerupai gel, tanpa kepala dan otak, ternyata memiliki kemampuan luar biasa yang tidak dimiliki oleh hewan lain.
Dikutip dari buku ar-risalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar